Belajar Dasar-Dasar PHP

Pendahuluan

Dasar-dasar PHP
Dasar-dasar PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman yang dibuat khusus untuk mengembangkan aplikasi berbasis web.

Pengguna PHP banyak sekali karena kemudahannya untuk dimengerti dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya, karena banyaknya fitur yang ditawarkan dan besarnya komunitas yang mendukung. Dan yang tidak kalah penting adalah dokumentasinya yang sudah cukup baik, sehingga memudahkan programmer menggunakannya.

Sejarah PHP
PHP hingga menjadi seperti sekarang, sudah melalui banyak sekali perkembangan semenjak pertama kali PHP dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Yang awalnya merupakkan sekumpulan skrip Perl untuk men-track akses ke online resume-nya. PHP pada awal diberi nama ‘Personal Home Page Tools’.

Seiring perkembangannya, akhirnya skrip tersebut ditulis menggunakan C, yang bisa berkomunikasi dengan database. Rasmus Lerdorf memilih untuk mengeluarkan source code untuk PHP/FI dimana semua orang bisa melihat source deode-nya, sambil memperbaiki bug dan meningkatkan kodenya.

Kepanjangan PHP/FI adalah Personal Home Page / Forms Interpreter, berisikan fungsionalitas dasar PHP seperti yang bisa kita lihat sekarang. PHP mempunyai variabel hapir yang sama dengan Perl, yang secara otomatis menginterpretasikan form variables dan sintaks HTML.

Jadi demikian sejarah singkat dari PHP hingga akhirnya seperti sekarang ini.

Prinsip Kerja
Perlu diingat PHP merupakan skrip server side, yang artinya hanya bekerja di server. Jadi perlu dibedakan dengan skrip client side seperti Javascript. Tapi PHP sudah mendukung untuk bekerja stand alone lewat console-nya.

Oke sekarang kita bahas bagaimana cara kerja dari PHP.

Prinsip Kerja PHP
Prinsip Kerja PHP

Jadi pertama kali User melakukan proses Request lewat web browser mereka lewat protokol HTTP. Request tersebut diterjemahkan oleh Server, hasil terjemahan Server dilanjutkan oleh PHP module untuk diolah lagi. Hasil olahan dari PHP tersebut dikembalikan ke Server dan dari server dikembalikan ke web browser berupa HTML. Dan web browser menerjemahkan sintaks HTML tersebut menjadi tampilan yang kita lihat sekarang.

Kesimpulan
Karena kemudahannya PHP menjadi sangat populer karena banyaknya fitur yang digunakan, selain karena source-nya open source. Jadi bisa digunakan sesuka hati. Dan inilah yang menjadi dasar kenapa saya menekuni PHP hingga sekarang ini.

Pada artikel berikutnya kita akan bahas dasar-dasar penggunaan PHP. Jika ada pertanyaan saran atau kritik, silahkan tinggal komentar dibawah.

Sumber
http://www.php.net/manual/en/history.php.php
http://en.wikipedia.org/wiki/PHP